PENTINGNYA KECERDASAN EMOSIONAL BAGI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SMA ANTIOKHIA KETAPANG KALIMANTAN BARAT

Penulis

  • Yovin Kurniady STT DUTA PANISAL
  • Yehezkiel Sugeng Mulyono Sekolah Tinggi Teologi Duta Panisal

DOI:

https://doi.org/10.55962/metanoia.v5i2.99

Kata Kunci:

Kecerdasan intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan spiritual, Motivasi belajar, kualitatif

Abstrak

Manusia memiliki beberapa kecerdasan di dalam dirinya. Kecerdasan intelektual atau IQ selama ini sering dijadikan tolak ukur kesuksesan seorang peserta didik khususnya dalam memotivasi dirinya dalam belajar. Kecerdasan lain yaitu SQ atau kecerdasan spiritual juga tidak kalah pentingnya. Selain kecerdasan tadi ada hal lain yang tak kalah penting yaitu kecerdasan emosional atau EQ. Ditinjau dari jenis datanya pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Peneliti memilih menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan Cresswell yaitu pendekatan studi kasus. Adapun maksud dengan penelitian kualitatif ini yaitu tentang penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena yang terjadi tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Dari hal ini dapat diketahui bahwa kecerdasan emosional berperan penting mendorong / memberi motivasi peserta didik dalam belajar. Perlu diketahui ada dua faktor yang memberi dampak pada motivasi peserta didik yaitu dirinya sendiri dan dari luar dirinya, maka dalam hal ini kecerdasan emosional merupakan faktor yang mempengaruhi dari luar yang berperan penting dalam mendorong peserta didik kepada motivasi belajar yang baik. Kecerdasan emosional guru pendidikan agama memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran pendidikan agama di dalam kelas. Guru yang mendapat indikasi kecerdasan emosional yang baik adalah guru yang memiliki kesadaran dan pandai memilih tindakan yang tepat, tidak tersinggung, sabar, mampu mengembangkan peserta didik, memiliki pembawaan yang baik bagi peserta didik, menjadi pemimpin yang baik di kelas, dan mampu mendorong motivasi belajar peserta didik agar mereka memiliki rasa ingin belajar yang di tinggi.

Katakunci : Kecerdasan intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan spiritual, Motivasi belajar, kualitatif

 

File Tambahan

Diterbitkan

2023-06-26