PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENGCOUNTER HOAX DAN CYBERBULLYING

Penulis

  • Ayub Sugiharto Sekolah Tinggi Teologi Berita Hidup
  • Satria Sekolah Tinggi Teologi Berita Hidup

DOI:

https://doi.org/10.55962/metanoia.v6i2.140

Kata Kunci:

peran guru Pendidikan Agama Kristen, hoaks, perundungan siber

Abstrak

Tulisan ini membahas peran guru Pendidikan Agama Kristen dalam menghadapi tantangan era digital, khususnya Hoax dan Cyberbullying. Studi ini menunjukkan bahwa pendidikan agama Kristen memberikan pengaruh positif dalam pembentukan karakter siswa dan mengajarkan mereka keterampilan kritis untuk menangani fenomena negatif di internet. Guru Kristen diharapkan tidak hanya mengajar agama tetapi juga menjadi pendidik moral yang membantu siswa memahami, menemukan, dan mengatasi masalah seperti hoax dan cyberbullying. Studi ini membahas berbagai pendekatan untuk mengajar kehati-hatian; ajaran Alkitab tentang kebenaran dan etika digital; pembinaan ketahanan rohani; dan peran guru sebagai model integritas. Hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan bagi para pendidik Agama Kristen dalam usaha memperlengkapi siswa dengan pemaahaman iman Kristen serta keterampilan yang dibutuhkan dalam interaksi sosial secara positif di era digital ini..

 

File Tambahan

Diterbitkan

2024-06-30