IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KRISTEN TERHADAP PEMBENTUKAN MORAL ANAK SEJAK DINI

Penulis

  • Analisa Gea Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta
  • Willyam Resti Andriani Gea Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta
  • Elieser Marampa Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55962/metanoia.v5i2.113

Abstrak

Penelitian dilatarbelakangi oleh berbagai kasus kemerosotan moral yang berdampak negatif terhadap kualitas moral manusia itu sendiri seperti terjadinya kasus tawuran, pergaulan bebas, bullying, penyalahgunaan narkoba, kekerasan seksual dan kasus lainnya yang menunjukkan menurunnya kualitas moral manusia  yang terjadi saat ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menemukan solusi dalam mengatasi hal tersebut dengan mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan kristen terhadap pembentukan moral anak sejak dini dalam mengatasi sikap moral yang semakin merosot. Dengan menggunakan metode studi kepustakaan melalui tahapan-tahapan seperti mengumpulkan data, mengolah data, menganalisis, mengkaji, dan mendalaminya sehingga diperoleh data yang tepat untuk menjawab permasalahan penelitian. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengimplementasian nilai-nilai pendidikan kristen merupakan alternatif penting untuk pembentukkan moral anak sejak dini dalam upaya mengatasi kemerosotan moral, yang meliputi penanaman pendidikan agama kristen sejak dini: sikap perbuatan baik, berkhlak mulia, berbudi pekerti luhur, dan yang paling penting; beribadah, berdoa, bernyanyi, menyembah, beriman dan memiliki karakter yang serupa seperti Kristus.

File Tambahan

Diterbitkan

2023-06-26