EVALUASI KINERJA LULUSAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN ALUMNI SEKOLAH TINGGI TEOLOGI DUTA PANISAL JEMBER

Penulis

  • Dewi Aswinda Lase Sekolah tinggi teologi duta panisal
  • Sandi Bega Sekolah Tinggi Teologi Duta Panisal

DOI:

https://doi.org/10.55962/metanoia.v5i2.112

Kata Kunci:

EVALUASI KINERJA LULUSAN, PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN, ALUMNI

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Evaluasi Kinerja Lulusan Program Studi Pendidikan Agama Kristen Alumni Sekolah Tinggi Teologi Duta Panisal Jember. Dengan pemahaman hal ini, maka mampu mengetahui sejauh mana lulusan telah di terapkan dengan prodi PAK di Sekolah Tinggi Teologi Duta Panisal Jember.

Kinerja lulusan dapat berarti pencapaian/ prestasi berkenaan dengan tugas yang diberikan kepadanya. Kinerja lulusan dapat diketahui berdasarkan evaluasi kinerja lulusan yang dilakukan melalui tracer study (studi pelacakan), yaitu studi penelusuran alumni yang dikhususkan untuk memperoleh masukan-masukan dari para pengguna sehingga bisa diketahui kinerja lulusan di dunia kerja. Tracer study yang dilakukan kepada alumni bertujuan untuk mengetahui masa tunggu dalam memperoleh pekerjaan, kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan kinerja, hambatan –hambatan dalam memperoleh pekerjaan, jumlah lulusan yang belum bekerja dan yang sudah bekerja, besaran gaji pertama yang diperoleh, keterampilan yang dimiliki dalam upaya mendapatkan pekerjaan, dan tempat kerja bagi lulusan yang sudah bekerja.

Dalam sebuah proses penilaian kinerja, sangat membutuhkan suatu tindakan atau rencana yang telah di buatkan terlebih dahulu supaya dengan apa yang akan di kerjakan dapat tercapai sesuai dengan tujuan awal. Proses penilaian kinerja akan memberikan langkah selanjutnya dalam melakukan evaluasi kinerja guna mendapatkan sesuatu informasi yang baru.

Evaluasi kinerja lulusan Sekolah Tinggi Teologi Duta Panisal Jember program studi Pendidikan Agama Kristen adalah berfokus pada lulusan yang belum dan sudah bekerja. Setiap lulusan yang belum dan yang sudah bekerja ditentukan dari terpenuhi atau tidaknya indikator-indikator tracer study yang menjadi acuan bagi lulusan dalam memperoleh suatu pekerjaan

File Tambahan

Diterbitkan

2023-06-26