PENTINGNYA BERPIKIR KREATIF DALAM PENGAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK SEKOLAH MINGGU GEREJA KRISTEN INJILI GETSEMANI NEMBUKTEB FAKFAK

Penulis

  • Rahel Odessy Sekolah Tinggi Teologi Duta Panisal
  • Yusak Noven Susanto Sekolah Tinggi Teologi Duta Panisal

DOI:

https://doi.org/10.55962/metanoia.v5i2.103

Kata Kunci:

BERPIKIR KREATIF, DALAM PENGAJARAN , MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman kepada guru sekolah minggu tentang pentingnya berpikir kreatif dalam pengajaran untuk meningkatkan motivasi belajar anak sekolah  minggu GKI Getsemani Nembukteb Fakfak. Dengan memahami hal ini, maka guru dapat berpikir kreatif serta menemukan ide yang menarik dan diterapkan dalam pengajaran agar dapat mencapai tujuan sekolah minggu yang dapat terlaksana efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Penelitian yang dilakukan di Gereja Kristen Injili Getsemani Nembukteb sesuai dengan yang telah dicantumkan dijudul. Penelitian ini dilakukan kepada guru sekolah minggu. Temuan dari penelitian ini adalah penerapan mengenai berpikir kreatif dalam pengajaran untuk meningkatkan motivasi belajar belum dapat dipahami dengan baik disebabkan oleh karena beberapa faktor seperti kurangnya pengajar atau guru sekolah minggu, dan kurangnya pemahaman pada guru tentang berpikir kreatif dalam pelaksanaan pembelajaran, serta kurang dalam penggunaan kreativitas karena letak tempat pelayanan jauh dari kota sehingga guru tidak bisa mengembangkan diri.

Kata Kunci : Berpikir Kreatif, Motivasi Belajar

File Tambahan

Diterbitkan

2023-06-26